Sabtu, 25 Juli 2015

Infotemen: Hanya Aku dan Tuhan yang Tahu

Ada kata info dan taiment (dari entertainment) dalam infotaiment. Kalau secara dangkal diterjemahkan sebagai kabar buat penghiburan. Buat suka-suka saja, agar orang yang sedang lara mendengarnya jadi terhibur.


Beberapa acara infotaiment buat rujukan untuk melihat keinginan pasar ;)

Saya sendiri sebetulnya kurang suka dengan program tayangan ini. Berhubung tuntutan pekerjaan jadinya, saya jadi sering melihat acara gosip. Melihat saja tidak menyimak, karena sesungguhnya saya tidak tahu mereka siapa dan apa peran mereka dalam dunia seni (biasanya yang diberitakan orang-orang yang berkiprah di dunia seni). Sumpah, Suwer!! Ini bukan alasan yang mengada-ada atau rekayasa.

Ada kalanya pengetahuan yang diperoleh dari acara infotaiment semacan mata uang dalam mencari peluang. Misalnya begini, ada klien yang meminta pernak-pernik hantarannya berwarna hijau. Saya ajukan berbagai warna hijau, dia tolak semua. Saya hampir putus asa, masa saya harus mengajukan warna hijau rumput tetangga. Itu bisa bikin nangis-nangis lagi. Masalah warna hijau ini akhirnya selesai ketika Sang klien mengajukan warna hijau seperti pada nikahan Anang-Ashanty.
Lega deh, setelah itu langsung meluncur mencari warna hijau rumput tetangga. Eh, hijau Anang-Ashanty. Tentunya paling mudah dicari di tempat-tempat acara gosip ini.
Mirip Mommy Khong Guan ...


Dari Lolita saya belajar arti baru kata Infotaiment. Teman saya yang cantik ini, paling anti menonton acara infotaiment. Alasan dia sangat sentimen dan pribadi.
Ini terkait dengan kejadian beberapa tahun lalu, ketika Ayah Lolita yang seorang pejabat di sebuah Kementrian diisukan mempunyai wanita simpanan. Sebut Saja Miss M yang berprofesi sebagai artis (atau foto model saya kurang paham profesinya. Saya curiga Miss M, foto model buat katalog baju-baju online yang menampilkan dari leher ke bawah). Beberapa bulan kemudian Miss M  mengeluarkan single dengan video klip yang sangat mewah. Luxury. Anehnya kok saya malah menangkapnya murahan. Memang otak saya musti upgrade mengenai dunia selebritas begini. Konon kabarnya semua biaya produksi pembuatan single hingga video klipnya atas pendanaan seorang pejabat. Gegar dunia infotaiment. Mereka menelusuri siapa pejabat yang ada dibelakang kemunculan artis baru Miss M. Apa sih yang tidak bisa dilacak hari gini?? semua meninggalkan jejak.

Sialnya lagi beberapa kerabat dan tetangga Lolita di rumah mulai  disisir oleh para reporter gosip. Mereka bergiliran diwawancarai, sampai keluarga Lolita harus ngungsi. Tinggalah Bi Eha yang ditugasi melihat rumah tiap tiga hari sekali. Menurut saya yang otaknya kurang upgrade, gejala ini mulai tidak wajar.

"Kamu juga?" tuding Lolita pada saya, saat berita Miss M nongol di sebuah acara gosip lalu penjaga kios yang berada beberapa meter dari rumah Lolita ada diwawancara juga. Mungkin untuk mencocokan situasi.

"Iihhh engga atuh Lol,"kata saya. Meskipun dalam benak sudah terbersit jika ada wartawan gosip yang mau mewawancarai, saya minta dibuatkan schedule dulu. Karena saya berencana memakai baju cocktail milik teman saya, saya pakai tas brand teman saya pula. Sepatu, aksesoris. Pokoknya semuanya. Jadi pas wawancara akan saya sebutkan kalau baju, tas, sepatu cantik ini. Kalau perlu dokter kulit yang saya biasa konsultasi akan saya sebutkan juga. Lumayan itung-itung sebagai ajang promosi untuk memajukan produk lokal yang gak kalah keren dengan brand luar.

Tapi demi Lolita semua itu tidak akan saya lakukan. Saya tahu dia terluka cukup parah. Lukanya tidak bisa dilihat karena tidak berdarah-darah. Karena sejak saat itu, Lolita dan ibunya serta adiknya pindah rumah.

Sedangkan sang Artis masih tetap wara-wiri di televisi, sesekali  saya melihat dia menjadi nara sumber di acara talk show. Perkara soal rumor di acara infotaimen maupun infotemen telah ditutup oleh Miss M dengan sukses yang mengatakan kepada publik (maksudnya yang nonton gosip, termasuk saya) dengan mengutip kalimat paten:"hubungan dengan Pak X hanya Tuhan dan  saya saja yang tahu." Kata dia.
Paten kan? Lha, memang ada gitu yang berani mempertanyakan itu pada Tuhan ......

2 komentar: